"SILAHKAN KUNJUNGI SUTRA WAJO (Sistem Unggulan dan Transparansi Polres Wajo, di www.sutra.polreswajo.id
Home / Kegiatan / Rapat koordinasi pemerintah kab. wajo bersama polda sulsel tentang penanganan kelompok radikal dan anti pancasila

Rapat koordinasi pemerintah kab. wajo bersama polda sulsel tentang penanganan kelompok radikal dan anti pancasila

Tribratanews.polreswajo.id

Hari Sabtu tanggal 14/10/2017 sekitar pukul 11.10 wita bertempat di ruang Kesbangpol Kab. Wajo, telah dilaksanakan rapat koordinasi penanganan kelompok radikal dan anti Pancasila Forum kewaspadaan dini masyarakat, dengan tema “Bersama dengan masyarakat menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kab. Wajo”.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ka. Kesbangpol Kab. Wajo dan didampingi oleh Kanit V Subdit Politik Dit Intelkam Polda Sulsel Kompol Muhammad Ali serta dihadiri oleh sekitar 50 orang tamu undangan diantaranya Perwakilan Kementerian Agama Kab. Wajo, FKUB, Para Lurah Se – Kab. Wajo, Para Kepala Desa Se – Kab. Wajo, Tokoh Masyarakat dan tokoh agama serta Perwakilan ormas dan LSM.

Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 2 sesi yakni sesi pertama berisi pemaparan dengan materi pokok mengenai upaya pencegahan paham radikal dan anti Pancasila serta sesi kedua merupakan sesi tanya jawab / diskusi.

Dalam kesempatan ini Kanit V Subdit Politik Dit Intelkam Polda Sulsel membawakan materi yang berisikan, Sinergitas antara Pemda Kab. Wajo serta aparat pemerintah bidang pertahanan dan keamanan dalam hal ini TNI/Polri dengan memanfaatkan keberadaan aparatur negara di berbagai tingkatan mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten sehingga diharapkan situasi Kamtibmas tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Kemudian dalam rangka melakukan pencegahan terhadap timbulnya paham radikal dan Anti Pancasila di Kab. Wajo, maka diharapkan adanya kerja sama dan sinergitas antara Pemda Kab. Wajo, TNI/Polri, Tokoh agama, Tokoh masyarakat serta masyarakat dengan bersama – sama secara berkesinambungan melaksanakan suatu kegiatan pertemuan (Anev), dan hal tersebut saat ini telah dilakukan dengan adanya kerja sama antara Pemda Kab. Wajo dan Polda Sulsel sehingga terlaksananya rapat koordinasi penanganan kelompok radikal dan anti Pancasila yang juga merupakan Program Quick Wins Polri sebagai upaya pencegahan serta penindakan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas di tengah masyarakat khususnya yang terkait dengan penyebaran paham radikal dan anti Pancasila.

Menjelang Tahun 2018, dinilai sebagai tahun politik, mengingat akan dilaksanakannya Pilkada serentak Tahun 2018, sehingga intensitas kegiatan politik diprediksi akan meningkat dan berdampak pada adanya perbedaan pandangan politik di tengah masyarakat yang merupakan hal yang lumrah terjadi di negara yang menganut sistem demokrasi, sehingga hal tersebut patut disikapi secara positif dan masyarakat diharapkan tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya stabilitas kamtibmas.

Bahkan issu kebangkitan paham komunisme melalui keberadaan PKI, dimana adanya kemungkinan issu tersebut dikaitkan dengan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019.

Dihimbau kepada masyarakat dalam menggunakan media sosial, disarankan untuk lebih bijak dengan tidak serta merta membagikan konten baik berupa video maupun gambar yang belum terbukti kebenarannya khususnya yang berhubungan dengan SARA, sebab hal tersebut berpotensi menimbulkan keresahan dan gangguan Kamtibmas ditengah masyarakat.

Pelaksanaan rapat koordinasi penanganan kelompok radikal dan anti Pancasila Forum kewaspadaan dini masyarakat Kab. Wajo berlangsung hingga pukul 12.00 wita dalam keadaan aman dan terkendali.

(Humas Res. Wajo)

About sutrisno humas

Avatar

Check Also

Tingkatkatkan kedisplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, personil polsek takkalalla laksanakan giat operasi yustisi

Mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Takkalalla Personel Polsek Takkalalla Polres Wajo melaksanakan oprasi Yustisi di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *