"SILAHKAN KUNJUNGI SUTRA WAJO (Sistem Unggulan dan Transparansi Polres Wajo, di www.sutra.polreswajo.id
Home / Kegiatan / Kasat Lantas Polres Wajo bersama anggotanya mengikuti Video Conference Kakorlantas Mabes Polri

Kasat Lantas Polres Wajo bersama anggotanya mengikuti Video Conference Kakorlantas Mabes Polri

Tribratanews.polreswajo.id-

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto siap memangkas birokrasi proses pembuatan SIM dan pengurusan tilang guna mempersempit ruang gerak para pelaku pungli. Sistem online mulai diterapkan sebagai langkah mencegah adanya praktik pungli.

“Antisipasi (pungli), semua kan sudah pakai elektronik. Jadi nanti ke kantor polisi untuk ngurus SIM tidak lagi bayar langsung ke petugas. Bayarnya sudah di luar itu boleh, lewat ATM, ada struk pembayarannya kemudian diberikan kepada petugas langsung nanti diproses. Jadi tidak ada lagi transaksi uang di kantor,” kata Agung pada saat melaksanakan vidio conference (Vidcon) ke seluruh jajaran kepolisian republik indonesia, Senin (5/12/2016).

Untuk masalah tilang, Agung melanjutkan, Polri telah memiliki aplikasi e-tilang. Justru, hal ini akan membantu mengurangi para pengguna jalan yang menitip uang kepetugas saat melakukan pelanggaran. Agung ingin aplikasi ini segera terealisasi pada akhir tahun 2016.

“Begini dengan adanya e-tilang, kita ingin pangkas birokrasinya, masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan bayar lewat ATM atau mobile banking untuk membayar sesuai dengan nilai kesepakatan dari Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, dia bisa ambil lagi barang buktinya apakah itu SIM atau STNK, jadi tidak usah sidang,” kata dia.

Menurut dia, aplikasi pelayanan publik berbasis online bisa membuat petugas bekerja secara baik dan jujur. Secara prosedur tetap sama baik saat pembuatan SIM atau saat penilangan. Hanya saja dalam proses pembayaran akan dirubah, tujuannya untuk mencegah oknum petugas nakal.

Agung menilai Pemprov Jabar dan Polda Jabar telah menjadi pelopor pelayanan publik berbasis IT khususnya dalam bidang Samsat. Sebanyak 17 provinsi di Indonesia bakal melaksanakan program kerja sama tersebut.

Terciptanya kegiatan ini, lanjut Agung, karena telah dilakukan sejak enam bulan lalu. Pihaknya mengundang seluruh Kepala Dinas Pendapatan dari berbagai provinsi untuk menjalankan program yang telah disepakati.

Melalui pelayanan publik berbasis online, tentu saja membuat masyarakat lebih mudah dalam mengurus surat-surat atau pajak kendaraan.

Ditempat terpisah Kasat lantas polres wajo AKP. MUSTARI ALAM, S.SOS mengapresiasi upaya korlantas polri atas adanya aplikasi sim online dan Elektronik tilang  tersebut warga khususnya kab. wajo dapat mengurus surat surat kendaraan tanpa harus ke kantor polisi lagi, cukup bayar aja melalui bank terdekat lalu struk pembayaran nantinya yang diperlihatkan pada saat proses pengurusan ujarnya.

(@Humas Res. Wajo)

About sutrisno humas

Avatar

Check Also

Laksanakan Pengmanan Pasar, Ini Yang Di Lakukan Ps.Kanit Sabahara Polsek Majauleng Polres Wajo

WAJO-Majauleng – Peningkatan aktifitas masyarakat di pasar wilayah Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo biasanya terjadi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *